Selasa, 17 Juni 2014

HOUTMAN ZAINAL ARIF ( OFFICE BOY MENJADI VICE PRESIDENT CITIBANK )

Hi Agen

Sahabat, saya ingin sekali sharing mengenai pengalaman saya bertemu dan berdiskusi langsung dengan salah satu guru besar indonesia yaitu Bapak Houtman Zainal Arifin (alm) atau saya singkat HZA

Lalu apa hebatnya pak HZA ini ?? saya yakin ketika sahabat membaca postingan ini akan terkagum kagum dengan prestasi dan kemartabatanya

HZA dan Istri
Saya ketemu beliau sekitar tahun 2010 di salah satu acara perusahaan yang mendatangkan tokoh inspirator dan saya merekomendasikan pak HZA sebagai pembicaranya. dan syukur alhamdulilah saya diminta untuk jadi panitia yang mengurusi semua keperluan beliau.





ketika beliau tiba dipenginapan, saya  memberanikan diri untuk bisa berbincang dengan beliau. pada waktu itu sekitar pukul 21.00 - 01.00 dan beliau sangat welcome sekali dengan permintaan saya ini.

akhirnya percakapanpun dimulai dan saya mulai tanya dari latar belakang beliau
ini ceritanya
Pak HZA lahir pada 27 Juli 1950 di kota Kediri Jawa Timur dari keluarga yang sangat pas pasan. ketika HZA lulus SMA beliau memutuskan untuk hijrah ke Ibu Kota Jakarta untuk mengadu nasib dengan cita cita yang sangat tinggi (yaitu ingin menjadi orang sukses).
Awal menginjak kota jakarta beliau sangat kaget dengan kerasnya kota jakarta. Ijasah SMA nya tidak dapat membuat beliau diterima diperusahaan. alhasil HZA muda hanya dapat berjualan asongan yaitu perhiasan imitasi dengan modal 2000 rupiah hasil pinjaman temanya sesama asongan.
Riki Son dinner Dengan HZA
Selama berjualan, HZA muda selalu memperhatikan apa yang lewat disekitarnya. beliau sangat penasawan dengan orang orang yang memakai mobil mewah dengan pakaian yang sangat rapi dan rambut kelimis. suatu waktu beliau mengikuti mobil mobil yang lalu lalang tadi dan melihat mobil itu masuk gedung bertingkat
Dengan seketika, HZA muda menegaskan dalam dirinya bahwa beliau harus bekerja di gedung bertingkat itu. Uang hasil jualan asonganpun beliau pakai buat surat lamaran yang dia tujukan untuk perusahaan perusahaan bertingkat tanpa mengetahui bidang perusahaan yang dia lamar.
Perjuangan beliau mendapatkan hasil, beliau di telepon oleh salah satu bank swasta ( CITIBANK ) dan mengikuti test. puji tuhan beliau lulus dan mengawali karirnya sebagai office boy pada tahun 1968. Pekerjaan office boy pun beliau lakukan dengan penuh keikhlasan. walaoupun HZA muda sebagai office boy tapi beliau selalu memperhatikan pekerjaan lain yang ada disekitarnya. terutama pekerjaan operator mesin fotokopi.
Suatu saat operator mesin fotokopi tersebut tidak bekerja lagi dan perusahaan mencari orang yang bisa menggantikan operator tersebut. HZA muda memberanikan diri untuk menjadi operator tersebut. perusahaan pun kaget dengan keberanianya. HZA pun menunjukan kemampuanya dalam mengoperasikan mesin fotokopi tersebut yang dia dapat ketika pekerjaanya sebagai office boy senggang, dia bertanya ke temanya sebagai operator mesin fotokopi dalam mengoperasikanya.
dan akhirnya HZA terpilih menjadi operator mesin fotokopi.
hari demi hari beliau melakukan pekerjaan sebagai operator mesin fotokopi. ketika dia memfotokopi berkas berkas bank, secara otomatis beliau membaca beberapa catatan yang ada pada berkas tersebut. dan ketika staff kantor mengambil berkas tersebut, HZA muda selalu menanyakan arti beberapa kata dari berkas yang beliau fotokopi seperti (KPR, Kredit, Loan, Agunan dll)
keingin tauan beliau ditanggapi positif oleh staff bank disana, setelah tugasnya sebagai operator mesin fotokopi selesai beliau tidak lantas istirahat ataupun pulang, beliau malah menawarkan diri ke staff lain yang sedang lembur. dan dengan senang hari staff officer pun meminta houtman untuk men stempel beberapa dokumen dan itu berlangsung terus menerus. kemampuan dalam mengoperasikan komputer dan berbhasa inggrispun dia terus tingkatkan.
Suatu waktu, Bank tersebut membuka recruitent untuk officer trainee. dan beliau dengan percaya dirinya mengikuti seleksi tersebut dan bersaing dengan para sarjana sarjana muda dari universtitas terkemuka. Kegigihanyapun memberikan hasil, beliau lolos sebagai officer trainee. dan karir secara tahun ke tahun sangat meningkat hingga pada tahun 1987 beliau diangkat menjadi Vice President CitiBank. suatu jabatan yang luar biasa, mengingat beliau lulusa SMA, yang mana untuk menjadi Vice President di bank tersebut harus lulusan S2.
Sahabat, kita lihat yuk apa saja prestasi beliau
1. Menjadi Vice President dengan ijasah SMA dari satu satunya dari ASIA
2. Pengarang buku best seller Visa ke Surga
3. Staff ahli Citibank ASIA PASIFIK
4. Penasihat keuangan Gubernur
5. CEO di beberapa perusahaan
6. dikenal sebagai bapak yang arif, bijak, ramah dan banyak melakukan kegiatan sosial untuk orang yang belum mampu
 
 
Inalilahi waina Ilaihi Rojiun, beliau dipanggil TUHAN YME pada 20 Desember 2012. semoga amal ibadah beliau diterima disisi TUHAN YME
Namun karya karyanya dan kisah inspirastifnya masih mengenang dan sangat bermanfaat untuk kita semua.
Sahabat, apa yang kita dapat dari kisah inspiratif ini
1. Kesuksesan milik semua orang yang bekerja keras
2. Kesuksesan tidak hanya untuk orang - orang berpendidikan tinggi
3. Ulet, jujur dan total dalam bekerja adalah syarat mutlak beliau
4. Rejeki yang beliau dapat sebagian milik orang yang tidak mampu
Maka dari itu, mari kita sama sama untuk bercita cita menjadi orang sukses / kaya sehingga dapat memberikan manfaat untuk orang lain
Salam Perubahan
Riki Son

Tidak ada komentar:

Posting Komentar