Rabu, 18 Juni 2014

TELKOMSEL GATHERING *SMART YEAR* MENUJU 15.4 TRILIUN DI TAHUN 2014

Hi Agen

Mengawali tahun 2014 PT. Telkomsel mengumpulkan karyawan dari beberapa kota dan provinsi di Kota Balikpapan untuk acara gathering divisi network selama 3 hari. Dari pihak panitia menghubungi saya untuk memberikan sharing mengenai motivasi kerja pada salah satu agenda gathering mereka dan saya menyetujui permintaan tersebut. Gathering tersebut diri tema SMART YEAR MENUJU 15.4 TRILIUN DI TAHUN 2014

SMART YEAR
Memasuki hari ke - 3 , bagian saya untuk sharing ke mereka pukul 08.00 - 10.00. Saya tiba di venue sekitar pukul 07.30 dan berkenalan dengan beberapa karyawan dan panitia yang sudah ada di venue. Dan General Manager nya pun sudah tiba di venue. sambil menunggu karyawan lainya dari hotel, saya berbicang bincang terlebih dahulu dengan sang GM. pak GM meminta saya untuk membawakan materi mengenai motivasi kerja, apa yang harus dilakukan karyawan untuk mencapai target yang sudah ditetapkan dan lain sebagianya.

Saya melihat begitu bergairahnya pak GM menjelaskan kepada saya mengenai target PT. Telkomsel dan mengenai program kerjanya di tahun 2014. Energi yang kuat tersebut sangat mempengaruhi saya untuk memberikan yang terbaik. Tanpa terasa sudah setengah jam kami berbincang dan waktunya saya sharing kepada karyawan dalam gathering tersebut.


Sekitar 40 orang sudah berkumpul, dan energy dari perbincangan antara saya dan pak GM masih begitu terasa. Dengan penuh percaya diri saya maju ke depan dan mulai sharing. Ketika saya mulai dengan salam, jawaban atas salam saya sangat meriah sekali jadi tanpa perlu saya mengulanginya dua kali. setelah saya mulai dengan intermezo saya langsung masuk materi yang akan saya sampaikan.

Dalam suatu perusahaan, profit menjadi bagian yang tak terpisahkan di kepala semua pengusaha. bagaimana agar perusahaan bisa profit. Terdapat 2 aspek penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan yaitu EFEKTIF dan EFISIEN.

apa itu EFEKTIF dan EFISIEN ? 

Efektif yaitu tepat sasaran sedangkan Efisien tepat guna. atau penjelasan lainya sama dengan prinsip ekonomi yaitu menghasilkan keuntungan yang sebesar besarnya dengan modal yang sekecil kecil nya. Banyak orang berfikir bahwa dengan tercapainya target penjualan atau produksi perusahaan sudah dipastikan untung. Padahal kita harus review proses produksinya. apakah efisien atau tidak. jangan jangan kita terlalu boros di proses produksi. sehingga cost produksi sangat tinggi yang mengakibatkan perusahaan tidak profit.

PT. Telkomsel menetapkan target revenue pada tahun 2014 sebesar 15.4 Triliun. Sebuah angka yang sangat fantastis sekali. Apakah target itu dapat tercapai atau tidak?

Untuk menerawang apakah target yang dibuat dapat dicapai atau tidak harus menggunakan 5 item yang dinamakan metode SMART, berikut penjelasanya

S = Spesifik : target dibuat harus se spesifik mungkin. hindari target yang umum. 
M = Measureable : target yang dibuat harus terukur. gunakan angka atau presentasi
A = Achievable : buatlah target yang dapat dicapai ( bukan mengawang awang )
R = Reasonable : ketika manargetkan sesuatu, berilah alasan yang kuat kenapa target tersbut sangat mungkin dicapai
T = Time Line : target harus dibatasi dengan waktu, supaya dapa memantau pencapaianya

Itu sebagian kecil materi yang saya sampaikan dalam gathering tersebut. antusias audience pada pagi itu sangatlah terasa hingga tidak terasa waktu sudah hampir jam 10. sayapun menutup sharing pagi tersebut dengan games ringan.

Sebelum saya pulang, saya diminta untuk photo bareng terlebih dahulu dengan semua peserta gathering. Suasana yang hangat sekali saya rasakan. Dan setelah photo bareng kita semua bertukar kartu nama satu sama lain. Sangat disayangkan sekali jika kita bertemu dengan orang orang baru tanpa meninggalkan identitas kita. Maka dari itu kemana saja saya selalu siapkan kartu nama di tas yang saya bawa


Apa yang bisa kita ambil dari cerita diatas, perusahaan sekaliber PT. Telkomsel selalu melakukan gathering rutin tiap tahun untuk menyampaikan target perusahaan kepada semua karyawan. Ini berguna agar karyawan mempunyai semangat yang sama dengan perusahaan. yaitu semangat untuk mendapatkan revenue sebesar 15.4 Triliun.

Selain itu, seorang pemimpin harus memperlihatkan gairahnya ketika memimpin. strategy yang jitu untuk mencapai target harus dipunyai oleh seorang pemimpin. dan pak GM mempunyai karakteristik tersebut. Sehingga antusias para audience bisa muncul karena gairah pak GM yang sangat menonjol dalam memimpin gathering.


Salam Perubahan

Riki Son





1 komentar:

  1. What is the casino? - SEPT
    The best casino online septcasino is the One of https://tricktactoe.com/ the main reasons why herzamanindir.com/ people are spending money on a worrione.com game is by having a few options. One of the 오래된 토토 사이트 reasons

    BalasHapus